Pengertian
Jejaring Sosial
Jejaring Sosial adalah
struktur sosial yang terdiri dari elemen-elemen individual atau organisasi. Jejaring
ini menunjukkan jalan dimana mereka berhubungan karena kesamaan sosialitas,
mulai dari mereka yang dikenal sehari-hari sampai dengan keluarga. Istilah ini
diperkenalkan oleh professor J.A. Barnes di tahun 1954.
Jejaring sosial adalah suatu
struktur sosial yang dibentuk dari simpul-simpul (yang umumnya adalah individu
atau organisasi) yang diikat dengan satu atau lebih tipe relasi spesifik
seperti nilai, visi, ide, teman, keturunan, dll.
Jejaring sosial sebenarnya
bentuk baru komunitas di Internet yang saling terhubung dengan cepat. Ini berbeda
dengan jejaring sosial lima tahun yang lalu yang mungkin lebih dikenal sebagai
forum diskusi, chat, messenger atau milis dimana pola komunikasinya terbatas
hanya dalam forum tersebut saja. Disebut jejaring karena kemampuannya untuk
saling terhubung dengan cepat antara satu domain komunitas dengan komunitas
lainnya.
Sejarah
Jejaring Sosial
Sejak komputer dapat
dihubungkan satu sama lainnya dengan adanya internet banyak upaya awal untuk
mendukung jejaring sosial melalui komunikasi antar komputer. Situs jejaring
sosial diawali oleh Classmates.com pada tahun 1995 yang berfokus pada hubungan
antar mantan teman sekolah dan SixDegrees.com pada tahun 1997 yang membuat
ikatan tidak langsung. Dua model berbeda dari jejaring sosial yang lahir
sekitar pada tahun 1999 adalah berbasiskan kepercayaan yang dikembangkan oleh
Epinios.com, dan jejaring sosial yang berbasiskan pertemanan seperti yang
dikembangkan oleh Uskup Jonathan yang kemudian dipakai pada beberapa situs UK
regional di antara 1999 dan 2001. Inovasi meliputi tidak hanya memperlihatkan
siapa berteman dengan siapa, tetapi memberikan pengguna control yang lebih aka
nisi dan hubungan. Pada tahun 2005, suatu layanan jejaring sosial Myspace,
dilaporkan lebih banyak diakses dibandingkan Google dengan Facebook, pesaing
yang tumbuh dengan cepat. Jejaring sosial mulai menjadi bagian dari strategi
internet bisnis sekitar tahun 2005 ketika Yahoo meluncurkan Yahoo!. Pada bulan
Juli 2005 News Corporation membeli Myspace, diikuti oleh ITV (UK) membeli
Friends Reunited pada Desember 2005. Diperkirakan ada lebih dari 200 situs
jejaring sosial menggunakan model jejaring sosial ini.
Layanan
Jejaring Sosial
Banyak layanan jejaring
sosial berbasiskan web yang menyediakan kumpulan cara yang beragam bagi
pengguna untuk dapat berinterkasi seperti chat, messaging, email, video, chat
suara, share file, blog, diskusi grup, dan lain-lain. Umumnya jejaring sosial
memberikan layanan untuk membuat biodata dirinya. Pengguna dapat meng-upload
foto dirinya dan dapat menjadi teman dengan pengguna lainnya. Ada juga beberapa
jejaring sosial yang memiliki fitur tambahan seperti pembuatan grup untuk dapat
saling sharing atau diskusi di dalamnya.
Manfaat
Jejaring Sosial
Jejaring sosial mempermudah
interaksi dengan orang lain walaupun terpisah oleh jarak dan dapat bertemu
dengan teman-teman baru di dunia maya. Mudahnya interaksi yang diciptakan bisa
menjadi sarana promosi suatu barang, komunitas, band, dan lain-lain.
Dampak
Jejaring Sosial
Dampak Positif
Semakin mudahnya
berinteraksi dengan orang lain atau pun saudara yang berada jauh dari tempat
kita tinggal. Keunggulan lainnya adalah kita juga dapat bertemu atau berkenalan
dengan teman baru di jejaring sosial tersebut.
Dampak negatif
Kurangnya interaksi dengan
dunia luar yang menyebabkan orang tersebut menjadi anti-sosial, membuat orang
tersebut kecanduan dan menghabiskan waktunya seharian di depan komputer dan
yang terpenting adalah biaya yang dikeluarkan orang tersebut tidaklah sedikit
untuk mengaktifkan internet atau membayar warnet.
Penyebab masyarakat
mengakses situs jejaring sosial yaitu orang tersebut tidak bisa berinteraksi
secara “face to face” atau tatap muka
secara langsung. Kurangnya sarana transportasi untuk berinteraksi secara
langsung.
Contoh-contoh
Jejaring Sosial
1.
MySpace
MySpace
adalah situs jaringan sosial popular yang menawarkan jaringan antar teman,
profil pribadi, blog, grup, foto, musik dan video untuk remaja dan dewasa di
seluruh dunia. Maka situs ini terletak di Beverly Hills, California, Amerika
Serikat.
2.
Friendster
Friendster,
yang ide penamaannya berasal dari nama Napster adalah sebuah situs web jaringan
sosial di mana seorang pengguna akan membuat identitas maya dan kemudian
mengisi data dirinya untuk kemudian mendapatkan account di friendster.
3.
Hi5
Hi5
adalah salah satu situs jejaring sosial. Situs ini pada tahun 2008 termasuk
salah satu dari 20 situs jejaring sosial yang paling sering dikunjungi oleh
pengguna internet di seluruh dunia. Pendiri Hi5 sendiri yakni Ramu Yalamanchi
pada tahun 2003 yang juga menjabat sebagai CEO.
4.
Facebook
Facebook
adalah situs web jaringan sosial yang diluncurkan pada 4 Februari 2004 dan
didirikan oleh Mark Zuckerberg, seorang lulusan Harvard dan mantan murid
Ardsley High School.
5.
Twitter
Twitter
adalah suatu situs web layanan jaringan sosial dan mikroblog yang memberikan
fasilitas bagi pengguna untuk mengirimkan :pembaharuan” berupa tulisan teks
dengan panjang maksimum 140 karakter melalui SMS, pengirim pesan instan, surat
elektronik, atau aplikasi seperti Twitterrific dan Twitbin. Twitter didirikan
pada Maret 2006 oleh perusahaan rintisan Obvious Corp.
Dan masih
banyak lagi contoh-contoh jejaring sosial lainnya.
Kesimpulan
:
Jejaring sosial adalah suatu
komunitas di internet yang dapat menghubungkan kita dengan orang lain walaupun
dipisahkan dengan jarak yang jauh. Jejaring sosial dapat membuat orang yang
jauh menjadi dekat dan mungkin yang dekat menjadi jauh karena kadang kita
terlalu asik di depan komputer.
Sumber :
http://id.scribd.com/doc/78363152/Pengertian-Jejaring-Sosial
Sumber :
http://id.scribd.com/doc/78363152/Pengertian-Jejaring-Sosial
Tidak ada komentar:
Posting Komentar