Minggu, 25 November 2012

Jejaring Sosial


Pengertian Jejaring Sosial

Jejaring Sosial adalah struktur sosial yang terdiri dari elemen-elemen individual atau organisasi. Jejaring ini menunjukkan jalan dimana mereka berhubungan karena kesamaan sosialitas, mulai dari mereka yang dikenal sehari-hari sampai dengan keluarga. Istilah ini diperkenalkan oleh professor J.A. Barnes di tahun 1954.
Jejaring sosial adalah suatu struktur sosial yang dibentuk dari simpul-simpul (yang umumnya adalah individu atau organisasi) yang diikat dengan satu atau lebih tipe relasi spesifik seperti nilai, visi, ide, teman, keturunan, dll.
Jejaring sosial sebenarnya bentuk baru komunitas di Internet yang saling terhubung dengan cepat. Ini berbeda dengan jejaring sosial lima tahun yang lalu yang mungkin lebih dikenal sebagai forum diskusi, chat, messenger atau milis dimana pola komunikasinya terbatas hanya dalam forum tersebut saja. Disebut jejaring karena kemampuannya untuk saling terhubung dengan cepat antara satu domain komunitas dengan komunitas lainnya.

Sejarah Jejaring Sosial

Sejak komputer dapat dihubungkan satu sama lainnya dengan adanya internet banyak upaya awal untuk mendukung jejaring sosial melalui komunikasi antar komputer. Situs jejaring sosial diawali oleh Classmates.com pada tahun 1995 yang berfokus pada hubungan antar mantan teman sekolah dan SixDegrees.com pada tahun 1997 yang membuat ikatan tidak langsung. Dua model berbeda dari jejaring sosial yang lahir sekitar pada tahun 1999 adalah berbasiskan kepercayaan yang dikembangkan oleh Epinios.com, dan jejaring sosial yang berbasiskan pertemanan seperti yang dikembangkan oleh Uskup Jonathan yang kemudian dipakai pada beberapa situs UK regional di antara 1999 dan 2001. Inovasi meliputi tidak hanya memperlihatkan siapa berteman dengan siapa, tetapi memberikan pengguna control yang lebih aka nisi dan hubungan. Pada tahun 2005, suatu layanan jejaring sosial Myspace, dilaporkan lebih banyak diakses dibandingkan Google dengan Facebook, pesaing yang tumbuh dengan cepat. Jejaring sosial mulai menjadi bagian dari strategi internet bisnis sekitar tahun 2005 ketika Yahoo meluncurkan Yahoo!. Pada bulan Juli 2005 News Corporation membeli Myspace, diikuti oleh ITV (UK) membeli Friends Reunited pada Desember 2005. Diperkirakan ada lebih dari 200 situs jejaring sosial menggunakan model jejaring sosial ini.

Layanan Jejaring Sosial

Banyak layanan jejaring sosial berbasiskan web yang menyediakan kumpulan cara yang beragam bagi pengguna untuk dapat berinterkasi seperti chat, messaging, email, video, chat suara, share file, blog, diskusi grup, dan lain-lain. Umumnya jejaring sosial memberikan layanan untuk membuat biodata dirinya. Pengguna dapat meng-upload foto dirinya dan dapat menjadi teman dengan pengguna lainnya. Ada juga beberapa jejaring sosial yang memiliki fitur tambahan seperti pembuatan grup untuk dapat saling sharing atau diskusi di dalamnya.

Manfaat Jejaring Sosial

Jejaring sosial mempermudah interaksi dengan orang lain walaupun terpisah oleh jarak dan dapat bertemu dengan teman-teman baru di dunia maya. Mudahnya interaksi yang diciptakan bisa menjadi sarana promosi suatu barang, komunitas, band, dan lain-lain.

Dampak Jejaring Sosial

Dampak Positif
Semakin mudahnya berinteraksi dengan orang lain atau pun saudara yang berada jauh dari tempat kita tinggal. Keunggulan lainnya adalah kita juga dapat bertemu atau berkenalan dengan teman baru di jejaring sosial tersebut.

Dampak negatif
Kurangnya interaksi dengan dunia luar yang menyebabkan orang tersebut menjadi anti-sosial, membuat orang tersebut kecanduan dan menghabiskan waktunya seharian di depan komputer dan yang terpenting adalah biaya yang dikeluarkan orang tersebut tidaklah sedikit untuk mengaktifkan internet atau membayar warnet.

Penyebab masyarakat mengakses situs jejaring sosial yaitu orang tersebut tidak bisa berinteraksi secara “face to face” atau tatap muka secara langsung. Kurangnya sarana transportasi untuk berinteraksi secara langsung.

Contoh-contoh Jejaring Sosial
1.    MySpace

MySpace adalah situs jaringan sosial popular yang menawarkan jaringan antar teman, profil pribadi, blog, grup, foto, musik dan video untuk remaja dan dewasa di seluruh dunia. Maka situs ini terletak di Beverly Hills, California, Amerika Serikat.


2.    Friendster

Friendster, yang ide penamaannya berasal dari nama Napster adalah sebuah situs web jaringan sosial di mana seorang pengguna akan membuat identitas maya dan kemudian mengisi data dirinya untuk kemudian mendapatkan account di friendster.

3.    Hi5

Hi5 adalah salah satu situs jejaring sosial. Situs ini pada tahun 2008 termasuk salah satu dari 20 situs jejaring sosial yang paling sering dikunjungi oleh pengguna internet di seluruh dunia. Pendiri Hi5 sendiri yakni Ramu Yalamanchi pada tahun 2003 yang juga menjabat sebagai CEO.

4.    Facebook
Facebook adalah situs web jaringan sosial yang diluncurkan pada 4 Februari 2004 dan didirikan oleh Mark Zuckerberg, seorang lulusan Harvard dan mantan murid Ardsley High School.
5.    Twitter

Twitter adalah suatu situs web layanan jaringan sosial dan mikroblog yang memberikan fasilitas bagi pengguna untuk mengirimkan :pembaharuan” berupa tulisan teks dengan panjang maksimum 140 karakter melalui SMS, pengirim pesan instan, surat elektronik, atau aplikasi seperti Twitterrific dan Twitbin. Twitter didirikan pada Maret 2006 oleh perusahaan rintisan Obvious Corp.

Dan masih banyak lagi contoh-contoh jejaring sosial lainnya.

Kesimpulan :
Jejaring sosial adalah suatu komunitas di internet yang dapat menghubungkan kita dengan orang lain walaupun dipisahkan dengan jarak yang jauh. Jejaring sosial dapat membuat orang yang jauh menjadi dekat dan mungkin yang dekat menjadi jauh karena kadang kita terlalu asik di depan komputer.

Sumber : 
http://id.scribd.com/doc/78363152/Pengertian-Jejaring-Sosial

Tidak ada komentar:

Posting Komentar